Widget HTML #1

Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh

sahabatberbagi91.com|Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh - Setiap orang sudah pasti tau apa itu donor darah yaitu proses pemberian darah secara sukarela yang dilakukan pengambilan oleh tenaga medis profesional untuk kemudian disimpan untuk menjadi stok darah yang kemudian digunakan untuk pasien yang membutuhkan transfusi. Dua macam donor darah yang sering kita jumpai yaitu donor darah pengganti yaitu donor darah yang dilakukan oleh seorang pendonor sukarela untuk mengganti darah yang sudah digunakan terlebih dahulu dan donor darah langsung yaitu donor darah yang kemudian langsung digunakan bagi orang yang membutuhkan setelah melewati proses-proses pemeriksaan darah.

Hanya saja, dibalik prosesnya yang cepat dan simple juga mempunyai sejumlah manfaat bagi tubuh kita. Menurut sejumlah penelitian, Bila kita berdonor darah secara rutin maka sel darah kita akan mengalami regenerasi lebih cepat. Orang yang konsisten dalam mendonorkan darahnya akan terlihat lebih segar dan aktif. Hal ini dikarenakan terjadinya regenerasi sel darah merah dalam kurun waktu 48 jam setelah berdonor. Sel darah baru akan terbentuk sehingga membantu fungsi organ dengan baik.


Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh, PMI Bireuen, UTD RS Fauziah Bireuen

Sekiranya Anda umumnya belum pernah melakukan Donor Darah, mulailah untuk Mencobanya dan melakukannya secara rutin setiap 3 bulan sekali. Kita gak pernah tahu kapan kecelakaan akan terjadi. Dan Ketika hal itu terjadi, maka stok darah sangatlah dibutuhkan untuk Tindakan medis. kebutuhan tidak hanya dalam keadaan kedaruratan medis, beberapa kebutuhan dengan kasus tertentu seperti : Thalasemia, Demam Bardarah, Kanker, Kelainan Ginjal hingga pasien yang membutuhkan tindakan operasipun membutuhkan darah untuk keberlangsungan hidup. Bayangkan jika hal tersebut tidak dapat terpenuhi.

Ayo tetap berbagi kebaikan dengan berdonor darah untuk yang membutuhkan karena donor darah itu aman dan bermanfaat bagi tubuh kita. Adapun beberapa manfaat donor darah yang harus Anda ketahui :



1.   Menjaga Kesehatan jantung
Darah yang mengandung kadar zat besi yang terlalu dalam darah akan mengakibatkan seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Kelebihan zat besi dalam darah bisa mengakibatkan oksidasi kolesterol. Sehingga dapat memicu penumpukan pada dinding arteri yang dapat memperbesar resiko terkena serangan jatung dan stroke.
Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan jumlah zat besi dalam darah. Sehingga darah bisa lebih stabil dari kekentalan. darah yang kental merupakan salah satu sebab yang memicu meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.
Manfaat donor darah secara rutin diketahui dapat menjaga kesehatan jantung anda, sehingga memungkinkan anda 88 persen terhindar dari pada terkena penyakit jantung daripada mereka yang tidak melakukan donor darah.



2.    Meningkatkan produksi sel darah merah.
Donor darah secara rutin akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah yang kadaluarsa dalam tubuh. Dengan berdonor darah dapat meregenerasi sel darah baru akibat berkurangnya sel darah merah akibat berdonor, karena sumsum tulang belakang akan segera meregerasi ulang sel darah merah yang telah hilang. Sel darah baru akan terbentuk sehingga membantu fungsi organ dengan baik. sehingga kita sebagai pendonor rutin akan selalu mendapatkan pasokan dan regenerasi darah baru di dalam tubuh kita. Oleh sebab itu donor darah secara rutin dan teratur menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru dalam tubuh.


3.    Membantu menurunkan berat badan.


Dengan rutin mendonorkan darah diketahui dapat membantu menurunkan berat badan, karena bisa dijadika satu metode diet untuk membakar kalori dalam tubuh yang ampuh. Dengan mendonorkan darah sampai dengan 450 ml, akan membantu tubuh dalam proses pembakaran kalori sekitar 650, itu merupakan jumlah yang banyak untuk membuat tubuh kita ideal dan ramping.

Untuk memperoleh tubuh yang ideal selain dengan mendonorkan darah secara rutin perlu dibarengi dengan penerapan hidup sehat dan mengkonsumsi asupan makanan yang sehat dan selalu melakukan olahraga secara teratur. Karena donor darah saja tidak dapat dijadikan program mutlak untuk menurunkan berat badan sehingga terbentuklah tubuh yang ideal dan ramping.


4.    Menurunkan risiko kanker.
Donor Darah secara rutin setiap tiga bulan dapat menstabilkan kandungan kadar besi dalam darah sehingga dapat menurunkan resiko kanker bila dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan donor darah, karena mereka mempunyai resiko kanker lebih besar.

Berkurangnya zat besi dalam tubuh Anda saat melakukan donor darah juga dapat mengurangi risiko terkena kanker. Sebaliknya, kadar zat besi dalam darah yang terlalu berlebihan dianggap sebagai salah satu penyebab meningkatnya radikal bebas dalam tubuh yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya kanker dan penuaan.






5.    Mendeteksi penyakit serius.
pada setiap proses pengambilan darah, kita akan menjalani sejumlah proses pemeriksaan dasar rutin seperti pemeriksaan berat badan, suhu, nadi, tekanan darah, dan kadar hemoglobin.
Selaku kita pendonor, kita juga akan diminta untuk melakukan pemeriksaan darah untuk mendeteksi ada tidaknya penyakit seperti HIVhepatitis B, hepatitis C, sipilis, dan malaria. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit melalui transfusi.
Manfaat donor darah tidak hanya itu saja. Bagi kita para pendonor sukarela, akan melewati proses  pemeriksaan yang tentu saja akan berguna untuk mendeteksi penyakit-penyakit tertentu secara dini. Selain membantu kebutuhan darah buat orang lain yang membutuhkan, Anda juga dapat melakukan proses cek kesehatan secara cuma-cuma secara berkala. 


6.  Mendapatkan Kesehatan secara psikologis.
Orang yang sering melakukan donor darah secara sukarela dengan tujuan untuk menolong orang lain dengan niat mendapatkan ridha Allah, memiliki resiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak pernah melakukan donor darah. 
Selain itu, menyumbangkan darah kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis yang tidak dapat dihitung dengan apapun. Karena darah kita menjadi sumber denyut kehidupan bagi orang laingive blood save life”.

4 comments for "Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh"