Widget HTML #1

Sering Gagal Dalam Beternak Ayam Kampung, Coba Berikan Ramuan Ini

sahabatberbagi91.com|Dunia Peternakan Ayam Kampung adalah peluang usaha yang menjanjikan untuk ditekuni, dari sudut pandang bisnis usaha ini dapat dibilang sangat baik untuk digeluti alasannya karena membudidayakan ayam kampung dirasa cukup mudah dibandingkan dengan beternak ayam broiler. Selain dari pemeliharaannya yang mudah aspek lain yang perlu diperhatikan adalah harga dari ayam kampung sendiri saat ini cenderung naik dibandingkan dengan harga ayam broiler yang lebih fluktuatif.

Sering Gagal Dalam Beternak Ayam Kampung, Coba Terapkan Ramuan Ini

Jika anda ingin memulai usaha peternakan ayam kampung, jangan hanya berorientasi dengan keuntungan semata. Dalam menjalankan bisnis peternakan ayam kampung selalu ada resiko yang harus dihadapi. Peternakan ayam kampung juga sangat rentan mengalami kegagalan.

Jika anda bisa mengelola manajemen masalah dalam peternakan ayam kampung potensi untuk berkembang sangatlah terbuka lebar karena permintaan daging ayam kampung untuk konsumsi selalu dibutuhkan kalangan rumah tangga maupun industri.

Dalam usaha peternakan ayam kampung musuh utama para peternak adalah serangan penyakit atau virus yang berpotensi menyerang ayam kampung dengan tiba-tiba dan dapat menyebar dengan cepat dan berbahaya. Oleh sebab itu peternak harus menguasai manajemen pemeliharaan ayam kampung yang sesuai standar.

Pastikan berbagai kebutuhan ternak tercukupi baik itu asupan gizi bagi ayam kampung dan asupan imun untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam kampung. Pemberian jamu-jamuan adalah alternatif yang dapat diberikan untuk ayam kampung, selain berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam kampung juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan ayam kampung.

Selain dari hal-hal yang telah disebutkan, bahan untuk pembuatan jamu-jamuan juga mudah didapatkan karena semua bahan merupakan yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Baiklah berikut kami bagikan bahan dan cara pembuatan jamu ayam:

BAHAN

  • Kencur 1 Kg;
  • Jahe ½ Kg;
  • Kunyit ½ Kg;
  • Temulawak ¼ Kg;
  • Bawang Putih ¼ Kg;
  • Gula Aren 2 Kg;
  • EM4 10 Tutup;
  • Daun Sirih (Jika Ada) Sesuaikan saja; dan
  • Air Putih 6-8 Liter.

CARA PEMBUATAN

  1. Potong-potong ssemua bahan;
  2. Blender semua bahan jamu sampai halus;
  3. Saring, pisahkan air dengan ampasnya di masing-masing wadah penyimpanan;
  4. Ampas yang telah dipisahkan ditambahkan air kembali;
  5. Masukkan gula aren yang telah diblender untuk masing-masing wadah 1 Kg;

Untuk pengaplikasian, ampas jamu yang telah dicampur dengan air bisa langsung diaplikasikan dengan pemberian pakan kepada ayam kampung. Sedangkan yang cairan bisa diaplikasikan dalam minuman ayam kampung, apakah mau diberikan 3 hari sekali atau sesuaikan bagaimana pola yang anda terapkan dalam peternakan ayam kampung yang anda geluti.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan selain pemberian jamu-jamuan kepada ayam kampung, sanitasi kendang juga perlu dijaga. Kelengkapan peralatan ternak harus selalu bersih dan rutin melakukan desinfektan untuk mencegah perkembangan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan ayam kampung.

Demikianlah artikel ini kami bagikan besar harapan kami dapat bermanfaat bagi kita semua. Atas kekurangan dalam penulisan ini kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Post a Comment for "Sering Gagal Dalam Beternak Ayam Kampung, Coba Berikan Ramuan Ini"