Widget HTML #1

Update Terbaru Panduan Lengkap Daftar KTA Ibi Online

sahabatberbagi91.com|Hai Bidan cantik di seluruh Indonesia, pada punya atau sudah upgrade Kartu Tanda Anggoda (KTA) Bidannya belum ne. Kalau yang sudah punya selamat ya, bagi yang belum punya ayo segera upgrade atau daftar pembuatannya agar kalian juga punya kartu KTA Bidan yang baru.

Panduan Lengkap Daftar KTA Ibi Online

Sesuai dengan surat edaran Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia Nomor :1853/E/PPIBI/I/2020 tentang Pemberlakuan Kartu Tanda Anggota (KTA) IBI. Dari surat edara tersebut dijelaskan bahwa mulai tanggal 01 Januari 2020 telah diberlakukan Nomor Anggota dan Kartu Tanda Anggota (KTA) IBI Baru yang dihasilkan dari dari sistem Databese KTA IBI Online.

Dengan demikian untuk penggunaan Nomor Anggota dan Kartu Tanda Anggota (KTA) IBI Lama (Warna Biru) dinyatakan tidak berlaku lagi.

Namun sebelum kita masuk bagaimana cara melakukan pendaftaran KTA IBI secara online terlebih dahulu kita akan melihat beberapa definisi yang dapat memberikan kita pengetahuan tentang pembahasan yang akan kita bahas.

Pengertian Bidan 

Bidan adalah seorang perempuan yang menyelesaikan pendidikan Bidan dengan segala kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki untuk diregister, sertifikasi dan atau secara sah mendapat lisensi untuk menjalankan praktik kebidanan yang diakui organisasi profesi dan pemerintah di wilayah Negara Republik Indonesia.

Atribut IBI

Dalam menjalankan profesinya sebagai tenaga professional yang bertanggungjawab penuh dan akuntabel untuk memberikan dukungann asuhan dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan dan masa nifas, memfasilitasi dan memimpin persalinan dengan penuh tanggung jawab dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir, dan bayi dengan penuh kasih sayang.

Para Bidan mempunyai hak sebagai bagian dari anggota IBI yaitu mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA). ini adalah satu dari sekian banyak hak yang akan diperoleh oleh individual Bidan dalam mendukung Tugas dan Kinerjanya sebagai tenaga Profesional.

Setalah individual Bidan mendapatkan Hak berupa Kartu Tanda Anggota, Bidan juga mempunyai tanggung jawab untuk dilaksanakan dan diselesaikan yaitu salah satunya melunasi iuran wajib di ranting (PC IBI) dimana Bidan terdaftar.

Setelah beberapa pengertian pembahasan diatas, kemudian kita akan melanjutkan pembahasan tentang panduan pendaftaran KTA IBI secara online. harap dibaca dengan teliti sehingga tidak gagal paham dalam menafsirkan tulisan ini.

Langkah-Langkah Pendaftaran KTA IBI Online Adalah Sebagai Berikut :

Buat Akun

Seperti yang telah kita bahas di atas bahwasanaya Nomor Anggota dan Kartu Tanda Anggota (KTA) IBI Baru itu dihasilkan dari dari sistem Databese KTA IBI Online. 

Panduan Lengkap Daftar KTA Ibi Online

Oleh karena itu untuk mendapatkan atau melakukan Upgrade KTA IBI harus dilakukan secara online juga. Individual Bidan harus mengakses Laman Resmi IBI melalui "https://ibi.data-online.id/member-area/". di dasbord laman tersebut individual Bidan akan disajikan areal untuk melakukan login bagi yang sudah memiliki akun. 

Jika belum memiliki akun maka dipersilahkan untuk melakukan pembuatan akun terlebih dahulu melalui menu "Buat Akun". Akan muncul Dasboard Buat Akun dengan keterangan harus mengisi "Nama Anggota, No Identitas dan Tanggal Lahir".

      Penting!

  • Perlu diperhatikan untuk memastikan informasi yang diisi sesuai dengan data yang terdaftar        pada PC IBI. Ajukan permohonan perbaiki data jika data yang terdaftar pada PC IBI tidak            sesuai dengan data pribadi anda.

Jika data sudah dimasukkan dengan benar maka silahkan klik "proses" maka akan muncul keterangan Data KTA anda yaitu "Daerah - Cabang - Nomor KTA - Nama - Alamat -Status"

Silahkan Klik "Buat Akun" maka anda akan diminta untuk mengisi "Tempat Lahir Anada" silahkan diisi kemudian klik "Proses" lalu lanjutkan mengisi "Alamat Email" kemudian klik "proses". proses pembuatan akun selesai, anda akan diminta untuk kembali kehalaman utama untuk melakukan "Login".

Login Dan Perbaharui Data Pribadi

Setelah anda selesai melakukan pendaftaran akun maka silahkan melakukan login menggunakan Nomor KTA dan Pasword yang telah diberikan pada saat pembuatan akun.

Jika Sudah Masuk anda akan dinta untuk melakukan unggah "Gambar Foto Profile - Gambar KTP - Gambar Ijazah - Gambar STR" kemudian klik "Unggah". setelah proses unggah selesai dilakukan silahkan melanjutkan melengkapi "Data Pribadi" silahhkan isi sesuai data pribadi anda masing-masing dan jangan lupa mnyimpan data dengan cara Klik "Simpan Perbaikan Data". 

Dan jika semua data yang diperlukan sudah dilengkapan dan di update silahkan klik "Kartu IBI-Ku" untuk proses Save atau Print Kartu KTA IBI Anda. 

Untuk save file KTA , setelah menekan "Kartu IBI-Ku" maka akan muncul file KTA di PC anda lalu klik "ctrl + P" di PC kalian lalu akan muncul halaman print di dashborb. silahkan rubah pengaturan printer di "Destination" dari "Nama Printer" menjadi "Save As PDF" lalu klik print maka anda akan diminta untuk melakukan save file pdf KTA.

Reset Kata Sandi

Panduan Lengkap Daftar KTA Ibi Online

Jika anda ingin melukan reset pasword silahkan dilakukan melalui menu 'Reset Kata Sandi" caranya cukup masukkan Nomor KTA, Tanggal Lahir dan Nomor KTP. kemudian klik proses maka anda akan mendapatkan pasword baru di layar PC. 

Silahkan di catat sehingga anda tetap bisa akses akun anda. dan jika kedepannya anda kembali lupa pasword akun anda silahkan reset kembali.

Daftar Menjadi Anggota

Panduan Lengkap Daftar KTA Ibi Online


Jika anda ingin langsung mendaftar secara mandiri silahkan lakukan melalui menu "Daftar Menjadi Anggota" dengan memasukkan Nama, Tempat Tanggal Lahir, Nik KTP dan Tanggal Lahir kemudian klik Proses.

Pendaftaran bisa dilakukan secara mandiri, namun akun tidak akan aktif jika anda tidak melaksanakan kewajiban anda yaitu melunasi iuran di ranting tempat anda terdaftar. Silahkan jalin komunikasi dengan ranting tempat anda terdaftar untuk proses selanjutnya.

Demikianlah tulisan ini kami bagikan semoga bermanfaat bagi kita semua yang membutuhkan. jika ada kekurangan dalam penulisan ini kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, silahkan meninggalkan komentar yang me,bangun sehingga tulisan ini dan tulisan kami selanjutkan dapat kami perbaiki untuk lebih baik lagi.

Post a Comment for " Update Terbaru Panduan Lengkap Daftar KTA Ibi Online"