Widget HTML #1

Cara Cek Bantuan BPUM Di Rekening Bank BRI

sahabatberbagi91.com|Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) Tahun 2021 adalah Bantuan yang diberikan berupa uang tunai oleh Pemerintah Pusat kepada pelaku usaha mikro dengan tujuan mendongkrak dan menjaga agar denyut nadi usaha mikro tetap berdenyut ditengah terpaan Pandemi Covid-19.

Cara Cek Bantuan BPUM Di Rekening Bank BRI

Program BPUM Tahun 2021 adalah program lanjutan dari tahun 2020. Program BPUM telah terlaksana di tahun 2020 dengan pemberian bantuan tunai sebesar 2,4 Jura Rupiah kepada setiap penerima yang berhak sesuai dengan persyaratan yang dipersyaratkan.

Namun di tahun ini banyak yang terkejut karena para pelaku usaha yang pernah mendapatkan bantuan BPUM tahun 2020 sebesar 2,4 Juta Rupiah Kembali keluar sebagai penerima waktu melakukan pengecekan di eform bri.

Dunia sosial menjadi heboh dan ramai membahas adanya tambahan dana sebesar 1,2 Juta Rupiah di rekening pelaku usaha mikro yang sudah pernah mendapatkan bantuan tersebut di tahun 2020.

Ada yang percaya dan ada pula yang menganggap itu hanyalah informasi hoax yang dipermainkan oleh segelintir orang yang tidak bertanggungjawab.

Namun jika kita bekaca pada Pasal (4) Peraturan Menteri Koperasi  dan usaha kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 2  Tahun  2021 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Penyaluran Bantuan Pemerintah bagi Pelaku Usaha Mikro untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahay  akan  Perekonomian Nasional serta Penyelamatan Ekonomi Nasional pada masa Pandemi  Corona  Virus Disease 2019 (Covid-19), Bantuan BPUM akan diberikan kepada : 

  1. Pelaku Usaha yang belum pernah menerima dana BPUM;
  2. Pelaku Usaha Mikro yang telah menerima dana BPUM tahun anggaran sebelumnya; dan
  3. Pelaku usaha yang tidak sedang menerima KUR.

Dari tiga orang yang bisa menerima bantuan BPUM ini jelas disebutkan dalam poin b bahwa pelaku Usaha Mikro yang telah menerima dana BPUM tahun anggarana sebelumnya akan kembali menerima bantuan BPUM di tahun 2021 dengan besaran nominal 1,2 Juta Rupiah.

Jadi aturan ini dapat menepis isu yang berkembang bahwa bantuan yang diterima oleh pelaku usaha yang telah menerima bantuan di tahun 2020 adalah hoax adalah salah. Dan juga aturan ini dapat meyakinkan para pelaku usaha yang telah menerima bantuan BPUM di tahun 2020 akan kembali merima bantuan ini di tahun 2021 sesuai dengan hasil cek yang dilakukan di laman eform bri.

Ya….. walaupun kemaren sempat terjadi gangguan di laman eform bri ini. Palaku usaha yang pertamanya terdaftar waktu di cek kembali menjadi tidak terdaftar sebagai penerima bantuan BPUM tahun 2021.

Nah dalam tulisan ini kami akan berbagi cara untuk cek bantuan BPUM di Rekening Bank. Mohon dibaca dengan teliti sehingga salah menafsirkan tulisan ini.

Print Out Buku Tabungan

Untuk memastikan ada tidaknya bantuan BPUM atau dana masuk di buku tabungan para pelaku usaha Mikro yang sudah pernah mendapatkan bantuan BPUM di tahun 2020 bisa dilakukan cek langsung ke bank dengan memintakan untuk dilakukanprint out buku tabungan yang terdaftar.

Cara ini semua pasti mengetahuinya, namun agak malas untuk dilaksanakan karena memakan waktu yang lumayan lama karena harus mengikuti prosedur bank, harus antri dan menunggu. Jika nasabah banyak ya harus lebih lama menunggu kan. apalagi kalau lagi ada pencairan bantuan pasti orang ke bank akan sangat ramai.

Cek Mutasi Rekening Tabungan

Cara ini bisa dilakukan bagi palaku usaha yang memiliki kartu ATM buku tangunannya, untuk mengetahui ada tidaknya dana masuk di rekening tabungan yang terdaftar bisa dilakukan cek mutase rekening melalui mesin atm, cara ini lebih cepat daripada harus ke bank langsung.

Berikut cara melakukan cek mutasi rekening tabungan :

  • Masukkan kartu ATM;
  • Masukkan Pin;
  • Pilih Menu Lainnya;
  • Pilih Registrasi Info Lainnya;
  • Pilih Mutasi Rekening;
  • Pilih Dari Rekening Tabungan;
  • Maka Print Out Mutasi Rekening akan terprin berupa lima transaksi terakhir di buku tabungan.

Cek Mutasi Rekening Tabungan Melalui Mobil Banking

Cara ini bisa dilakukan bila Rekening Buku Tabungan yang terdaftar untuk menerima Bantuan BPUM terdaftar dalam aplikasi Mobile Banking.

Berikut cara melakukan cek mutasi rekening tabungan :

  • Silahkan Buka Aplikasi BRI Mobile nya;
  • kemudian klik menu Mobile Banking BRI;
  • Kemudian Klik Menu Info;
  • Lalu klik Info Mutasi;
  • Kemudian Masukkan PIN anda lalu kik okey;
  • Akan muncul notifikasi berupa pertanyaan, klik saja oke;
  • Maka Kita akan diarahkan ke sms, silahkan kirim smsnya ke 3300; dan
  • silahkan tunggu balasan sms tersebut, isinya berupa Lima transaksi terakhir Rekening Tabungan.

Dari ketiga cara di atas silahkan dilakukan cara yang anda anggap mudah dan dapat diakses. untuk melakukan pengecekan dan pencairan harap melakukannya sendiri untuk menhindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses pencairan dana Bantuan BPUM.

Terima Kasih telah berkunjung ke tulisan kami, atas kekurangan  dalam penulisan ini kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.



Post a Comment for "Cara Cek Bantuan BPUM Di Rekening Bank BRI"