Widget HTML #1

Cara Input Pendapatan dan Belanja Pada Siskeudes Terbaru V2.0.R.02.0.3 Tahun 2021

sahabatberbagi91.com|Setiap Desa Wajib menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) tahun berjalan setelah pagu indikatif Desa disahkan oleh Pemerintah. Dalam melakukan penyusunan Pendapatan, Kegiatan dan Belanja serta Pembiayaan DesaDesa, Pemerintahan Desa melakukannya melalui Aplikasi Siskeudes yang setiap tahunnya selalu di update.

Sebelum kita belajar bagaimana melakukan pengimputan Pendapatan, Kegiatan dan Belanja Desa melalui Aplikasi Siskeudes terlebih dahulu kita akan melihat sumber-sumber pendapatan Desa yang akan disusun dalam APB Desa.

Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, Pasal 9 disebutkan APB Desa terdiri dari : 

  1. Pendapatan Desa;
  2. Belanja Desa; dan 
  3. Pembiayaan Desa.

Lebih lanjut dalam pasal 11 ayat 2 dijelaskan bahwa pendapatan desa terdiri atas kelompok sebagai berikut :

Pendapatan Asli Desa;

Pendatan Asli Desa terdiri dari beberapa jenis yaitu:

  1. Hasil Usaha : Pendapatan Hasil usaha ini berupa bagi hasil BUM Desa;
  2. Hasil aset : Pendapatan Berupa tanah kas Desa, Tambatan Perahu, Pasar Desa, Tempat Pemandian Umum, Jaringan Irigasi, dan hasil aset lainnya;
  3. Swadaya, partisipasi dan gotong royong : Pendapatan dari Sumbangan yang berasal dari masyarakat Desa; dan
  4. Pendapatn asli desa lain : Pendapatan dari hasil pungutan Desa.

Pendapatan Transfer; dan 

Pendapatan Des aini terdiri dari 5 (lima) sumber yang terdiri dari :

  1. Dana Desa;
  2. Bagian dari Hasil Pajak Daerah dan Retribusi Daerah;
  3. Alokasi Dana Desa;
  4. Bantuan Keuangan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Provinsi; dan
  5. Bantuan Keuangan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten/Kota.

Pendapatan Lain.

Pendapatan Desa yang bersumber dari pendapatan lain terdiri dari :

  1. Penerimaan dari hasil Kerjasama Desa;
  2. Penerimaan dari bantuan perusahaan yang berlokasi di Desa;
  3. Penerimaan dari hibah dan sumbangan dari pihak ketiga;
  4. Kereksi kesalahan belanja tahun anggaran sebelumnya yang mengakibatkan penerimaan di kas Desa pada tahun anggaran berjalan;
  5. Bunga Bank; dan 
  6. Pendapatan lain yang sah.

Dalam Pasal 16 dilanjutkan dengan penjelasan mengenai belanja Desa, Klasifikasi belanja Desa terdiri atas bidang :

  • Penyelenggaraan Pemerintahan Desa;
  •  Pelaksanaan Pembangunan Desa;
  • Pembinaan Kemasyarakatan Desa;
  • Pemberdayaan masyarakat Desa; dan
  • Penanggulangan  Bencana,  Keadaan  Darurat  dan Mendesak Desa.

Pendapatan, Belanja dan Pembiayaaan Desa tentunya selaras dengan apa yang termuat dalam parameter Siskeudes 2021. Aplikasi yang digunakan untuk membantu pengelola an Dana Desa.

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara melakukan pengimputan Pendapatan, Kegiatan, Belanja dan Pembiayaan ke Siskeudes Terbaru V2.0.R.02.0.3 Tahun 2021. Yuk mari disimak baik-baik yaa…


INPUT PENDAPATAN

Langkah Pertama : Silahkan Login Ke Aplikasi Siskeudes


Langkah Kedua : Masuk Ke Menu “Data Entri” lalu “Pengganngaran” Kemudian “Isian Data Anggaran”.

Setelah kita masuk seperti cara diatas kita akan disajikan dengan menu Kegiatan, Pendapatan, Belanja, Pembiayaan 1 dan Pembiayaan 2. Untuk pertama kita akan melakukan pengimputan pendapatan Desa apakah itu bersumber dari Dana Desa maupun dari sumber lainnya. 

Input Pendapatan
Setelah Melakukan Pengimputan Hasilnya Seperti Ini.

Silahkan klik di “Pendapatan” kemudian klik “Tambah” Silahkan pilih kode Penerimaan lalu klik “Simpan”. Kemudian silahkan Kalian dobel klik di sumber Pendapatan yang kalian simpan tadi, kita contohkan Dana Desa kemudian klik “Tambah” Silahkan kalian isi Uraian nama sumber dana pendapatan, lalu isikan “jumlah satuan” kemudian “Harga Satuan” lalu pilih “Sumber Dana” lalu “Simpan”.

Begitulah Cara Hematnya melakukan Pengimputan Pendapatan Desa, dan begitu seterusnya untuk mengimput sumber pendapatan Desa dari berbagai sumber yang ada.


INPUT KEGIATAN

Selanjutnya kita akan melanjutkan untuk bagaimana cara melakukan pengimputan kegiatan, sebenarnya caranya hampir sama. Untuk mengimput kegiatan kita harus masuk ke Menu “Kegiatan” diatas Menu “Pendapatan”klik “Tambah” lalu silahkan dipilih “kode Bidang Kegiatannya”. Kita Misalkan “Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa” lalu klik “Simpan”.

Input Pendapatan

Silahkan dilanjutkan dengan melakukan dobel klik pada bidang kegiatan yang telkah kalian simpan tadi, lalu kilk “tambah” silahkan pilih “kode sub kegiatan” kita contohkan sub bidang “Penyelenggaraan Belanja Penghasilan Tetap, Tunjangan dan operasional Pemerintahan Desa” kemudian “Simpan”. Dobel klik Lagi pada sub bidang kegiatan yang tadi disimpan untuk mengimput kegiatan-kegiatannya, isi saja apa yang diminta misalnya Pelaksana Kegiatan, waktu plaksanaan, pagu anggaran dan lain-lain kemudian "Simpan".


INPUT BELANJA

Masih di halaman Menu yang sama, kali ini kita akan melakukan pengimputan belanja. Silahkan masuk saja di menu “Belanja”. Sebelumnya kita sudah melakukan pengimputan kegiatan dengan demikian di menu belanja untuk kegiatannya sudah muncul tinggal saja melakukan pengimputan lanjutan sesuai dengan belanja di Desa kalian sampai dengan Rancangan Anggaran Biaya.

Kita contohkan, silahkan dobel klik di “Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa” lalu dobel klik di “Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala desa”.

Input Pendapatan

Silahkan klik “Tambah” pilih kode kegiatannya lalu “Simpan”. Dobel klik pada kegiatan yang telah disimpan tadi lalu klik “Tambah” tuliskan “Uraian” isi “Jumlah Satuan” “Harga Satuan” dan pilih “Sumber Dana” kemudian klik “Simpan”.

Kalua kawan-kawan langsung mau cetak Rencana Anggaran Biaya, silahkan klik menu “Cetak”, maka file Rencana Anggaran Biaya akan muncul. Silahkan lakukan pengeprinan ataupun bisa kalian simpan terlebih dahulu.

Input Pendapatan

Demikianlah Artikel ini kami buat, semoga dapat membantu Pemerintahan Desa/Operator dalam menyusun Pendapatan, Kegiatan dan Belanja Desa. Untuk Pembiayaan akan kita bahas dalam artikel kita selanjutnya. akhirnya dengan segala kerendahan hati kami memohon maaf jika ada kalimat yang kurang berkenan dan terima kasih atas segala bantuan dan kunjungan kawan-kawan semua. 





Post a Comment for "Cara Input Pendapatan dan Belanja Pada Siskeudes Terbaru V2.0.R.02.0.3 Tahun 2021"