Widget HTML #1

Pemerintah Pusat Menghentikan BLT Upah Atau Gaji Bagi Para Pekerja Tahun 2021, Ini Penyebabnya

sahabatberbagi91.com|Pemerintah Pusat mengambil kebijakan untuk menghentikan program pemberian Bantuan Subsidi Upah/Gaji (BSU) bagi karyawan swasta pada tahun 2021. Program bantuan sosial bagi para pekerja yang telah dijalankan pada tahun lalu yaitu pemberian subsidi upah yang diberikan oleh Pemerintah sebesar Rp.600.000 perbulan selama empat bulan bagi para pekerja yang menerima gaji dibawah Rp.5 juta perbulan.

BLT GAJI/UPAH

Dikutip dari @idx_channel , sebelumnya Menteri Ketenaga Kerjaan (Menaker) Ida Fauziah mengatakan program Pemerintah melalui bantuan subsidi upah atau gaji (BSU) untuk tahun 2021 tidak dapat dilanjutkan karena tidak mendapat jatah alokasi dana dari APBN 2021.

Bhima Yudistira seorang Ekonom Indef mengatakan kondisi saat ini tingkat pengangguran masih sangat tinggi, sebaiknya subsidi upah justru dilanjutkan setidaknya sempai serapan tenaga kerja pulih.

“sekarang situasinya pemerintah masih berlakukan pembatasan sosial dan angka kasus harian cukup tinggi membuat masyarakat tahan belanja. Kalua pekerja tidak dibantu maka besar kemungkinan perusahaan terus lakukan PHK,” Kata Bhima saat dihubungi di Jakarta pada Selasa 2 Februari 2021 seperti dituliskan oleh @idx_Channel.

Dengan dihentikan program subsidi upah bagi para pekerja dibawah Rp.5 juta, maka para pekerja sudah pasti dapat menggantungkan niatnya untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat untuk membantu perekonomian mereka untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam masa pandemi Covid-19.

Kerugian bagi daya beli masyarakat menengah kebawah tentu signifikan tanpa dibantu subsidi upah. Justru besar harapan ubsidi upah dilanjutkan ke seluruh pekerja sector informal dengan gaji dibawah Rp.5 juta.

Hal ini mengingat di tahun 2020 saja masih banyak para pekerja yang belum dan tidak masuk sebagai penerima subsidi upah (BSU) dikarenakan para pekerja tidak terdftar dan tidak punya akun BPJS Ketenagakerjaan.

Jadi tanpa Bantuan Langsung Tunai Upah atau Gaji yang diberikan oleh Pemerintah, ekonomi khususnya konsumsi rumah tangga bisa lebih rendah. Fenomena ini juga dapat menjadi penekan perbaikan Ekonomi Nasional.

Post a Comment for "Pemerintah Pusat Menghentikan BLT Upah Atau Gaji Bagi Para Pekerja Tahun 2021, Ini Penyebabnya"