Widget HTML #1

Cara Input Silpa Tahun Sebelumnya ke Siskeudes Terbaru V2.0.R.02.0.3 Tahun 2021

sahabatberbagi91.com|Setiap Desa diberikan hak otonom untuk mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. Instansi Desa dalam proses pengelolaan pemerintahan Desa di dukung oleh sebuah aplikasi yang disebut dengan Siskeudes.

Siskeudes adalah aplikasi gratis yang didistribusikan oleh pemerintahan Kabupaten/Kota kepada Desa di seluruh Indonesia.

Dalam aplikasi inilah pemerintahan Desa melalui operator Siskeudes mengimput Pendapatan, Kegiatan dan Perencanaan Penganggaran termasuk Dana Silpa tahun sebelumnya.

Dalam proses penggunaan Aplikasi ini banyak yang bertanya pada menu yang manakah dana Silpa tersebut diinput.?

Baiklah, dalam artikel ini kami akan berbagi cara melakukan Pengimputan dana Silpa tahun sebelumnya ke dalam APBDesa tahun Berjalan melaui Aplikasi Siskeudes. Harap di baca dengan teliti supaya informasi ini dapat tersampaikan dengan baik dan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.

Langkah yang Pertama : 

Siapkan data Dana Silpa, Data Dana Silpa diperlukan untuk mempermudah dalam proses Pengimputan, apakah dana Silpa itu dari Dana Desa, Dana Pajak dan Alokasi Dana Gampong.


Langkah Kedua :

Akses atau Login Aplikasi Siskeudes.


Langkah Ketiga :

Masuk di "Data Entri" kemudian "Penganggaran" lalu pilih "Isian Data Anggaran". 

Cara Input Dana Silpa

Setelah masuk di "Isian Data Anggaran" kita akan disajikan dengan lima menu yaitu :

  1. Kegiatan
  2. Pendapatan
  3. Belanja
  4. Pembiayaan 1
  5. Pembiayaan 2

Silahkan masuk di "Pembiayaan 1" lalu klik menu "tambah" di sudut bawah sebelah kiri lalu pilih kode rekening kegiatan di kotak titik tiga, lalu dobel klik di "penerimaan pembiayaan" kemudian dobel klik di "Silpa Tahun Sebelumnya" lalu pilih "Silpa Tahun Sebelumnya" lalu simpan.

Kemudian masuk lagi di kegiatan yang tadi telah disimpan dengan menekan dobel klik.

Cara Input Dana Silpa

lalu klik tambah, isi uraian dana silpa kemudian isi jumlah satuan, harga satuan dan sumber dana silpa lalu klik simpan.

Setelah dilakukan pengimputan mari kita lihat apakah dana tersebut sudah tercatat dalam APBDesa. Berikut caranya, silahkan kalian masuk di menu laporan lalu klik di penganggaran. Silahkan kalian isi terlebih dahulu Kecamatan dan Desa kalian kemudian klik di lampiran 1a kemudian lakukan cetak. 

Cara Input Dana Silpa

Silahkan kalian lihat dari hasil cetak apakah dana tersebut sudah tercatat ataupun belum. 

Demikianlah artikel ini kami buat semoga bermanfaat tentunya. Dan dapat membantu kawan-kawan semua yang masih bingung dan kurang paham tentang bagaimana cara mengimput dana silpa tahun sebelumnya kedalam APBDesa Tahun berjalan.

Post a Comment for " Cara Input Silpa Tahun Sebelumnya ke Siskeudes Terbaru V2.0.R.02.0.3 Tahun 2021"