Widget HTML #1

Desain Baru Materai Tempel Di Tahun 2021, Ayo Intip Ciri-Cirinya

sahabatberbagi91.com|Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memperkenalkan materai tempel baru sebagai pengganti materai tempel lama desain tahun 2014 pada Kamis 28 Januari 2021. Materai tempel baru tersebut sudah bisa diperoleh masyarakat di Kantor Pos seluruh Indonesia.

Materai Baru 2021

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat, Hestu Yoga Saksama mengungkapkan materai tempel baru ini memiliki ciri-ciri umum dan khusus yang perlu diketahui oleh masyarakat.

Adapun ciri-ciri umum tersebut sebagai berikut

  1. Terdapat gambar lambang negara Indonesia yaitu “Garuda Pancasila”, Angka “10000” dan tulisan “SEPULUH RIBU RUPIAH” yang menunjukkan tariff bea materai.
  2. Teks mikro modulasi “INDONESIA”, blok ornament khas Indonesia dan seterusnya.

Sedangkan ciri-ciri khususnya adalah sebagai berikut :

  1. Warna materai didominasi merah muda;
  2. Serat berwarna merah dan kuning yang tampak pada kertas;
  3. Garis hologram sekuriti berbentuk persegi panjang yang memuat gambar lambang negara;
  4. Gambar bintang;
  5. Logo Kementerian Keuangan; dan
  6. Tulisan “djp” dan sebagainya.

Dari tampilan desain materai tempel baru mengusung tema Ornamen Nusantara. Terpilihnya tema tersebut untuk mewakili semangat menularkan rasa semangat Nasionalisme serta bangga atas kekayaan yang dimiliki Indonesia.

Terkait dengan materai lama desain/edisi 2014 yang masih tersisa, masyarakat masih bisa  menggunakannya sampai dengan rentang waktu 31 Desember 2021 dengan nilai paling sedikit Rp.9000.

Caranya dengan membubuhkan tiga materai masing-masing senilai Rp.3000, dua materai masing-masing Rp.6000 atau materai Rp.3000 dan Rp.6000 pada dokumen.

DJP terus mengimbau agar  masyarakat selalu waspada akan materai tempel palsu dan materai tempel bekas pakai (rekondisi).

Masyarakat diminta untuk selalu meneliti kualitas dan memperoleh materai tempel dari penjual yang terpercaya, untuk lebih detilnya dapat dipelajari pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 4/PMK.03/2021.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan, semoga informasi ini bermanfaat tentunya bagi kita semua.

Post a Comment for " Desain Baru Materai Tempel Di Tahun 2021, Ayo Intip Ciri-Cirinya"