Widget HTML #1

Tutorial Mengatasi Masalah Munculnya Peringatan Penganggaran Sumber Dana Desa (APBN) Tidak Mencukupi Pada Aplikasi Siskeudes

sahabatberbagi91.com|Siskeudes adalah aplikasi yang didistribusikan oleh pemerintah Kabupaten/Kota  di seluruh Indonesia untuk menunjang proses kinerja pemerintahan dalam menyusun pelaksanaan Rencanan Kerja Anggaran melalui Aplikasi.

Siskeudes

Namun dalam proses penggunaan dan pengoperasiannya, masih kerap mendapatkan hambatan sehingga dapat mempengaruhi efesiensi waktu kerja anggaran dan pelaporan anggaran Dana Desa.

Dalam artikel ini kami akan berbagi sedikit ilmu tentang bagaimana mengatasi masalah munculnya peringatan penganggaran Sumber Dana Desa (APBN) tidak mencukupi pada Aplikasi Siskeudes. Berikut Langkah-langkah mengatasinya :

  1. Buka aplikasi Siskeudes lalu pilih menu "Data Entri";
  2. Kemudian pilih "Penganggaran" lalu "Isian Data Anggaran";
  3. Lalu klik "Pendapatan" pilih "Dana Desa" kemudian klik tombol "Ubah" urutan dua dari kiri bawah;
  4. Tambahkan Pagu Dana di Harga Satuan (Tambahkan saja suka-suka) lalu klik "Simpan".

Setalah Pagu Pennadapatan Dana Desa di tambah, kemudian baru melanjutkan untuk mengedit dan menambah pagu kegiatan menurut Bidang yang mau dirubah atau di edit. berikut langkahnya :

  1. Masih di menu "Data entri";
  2. Kemudian pilih "Belanja" pilih bidang yang mau di edit pagu anggaran;
  3. Lalu pilih "Sub Bidang";
  4. Kalau mau menambah klik "Tambah" pilih kode rekening dan nama kegiatan lalu klik pilih, lalu klik kembali di nama kegiatan yang ditambah untuk memasukkan pagu anggaran untuk kegiatan tersebut.
  5. Jika ingin mengedit tinggal klik di sub kegiatan yang ingin di edit, tekan "Ubah" kemudian lakukan perubahan pagu sesuai keinginan lalu klik "Simpan";
  6. Begitu seterusnya pada bidang dan sub bidang kegiatan yang mau dirubah.
  7. Setelah pagu kegiatan selesai di edit semua sesuai perubahan, kemudian lakukan perubahan kembali pada "Isian Data Entri" untuk merubah pendapatan sesuai seperti pagu dasar/pagu Perubahan Dana Desa.

Demikianlah Tutorial ini kami buat untuk membantu para Operator Siskeudes dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, sehingga dalam pelaksaannya tidak mendapatkan kendala dan hambatan yang berarti yang dapat mengganggu proses pengajuan Dana Desa maupun dalam proses penyampaian Laporan Dana Desa.

Jika ada hal yang tidak dipahami, silahkan menghubungi kami atau bisa meninggalkan pertanyaan di kolom komentar agar kita bisa berbagi informasi lanjutan. terima kasih

Post a Comment for " Tutorial Mengatasi Masalah Munculnya Peringatan Penganggaran Sumber Dana Desa (APBN) Tidak Mencukupi Pada Aplikasi Siskeudes"