Widget HTML #1

Cara Daftar Bansos Non PKH, Baca Selengkapnya Disini

sahabatberbagi91.com|Pandemi Covid-19 belum usai, Pemerintah Mengeluarkan stimulus ekonomi yaitu memberikan bantuan soisal (bansos) berupa uang tunai (BLT) sejumlah Rp. 500.000,-/penerima dalam rangka percepatan penanganan dampak pandemi covid-19. 

Cara Daftar Bansos Non PKH

Dana bantuan tersebut diberikan kepada 9 juta penerima diluar penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Dikutip dari CNN Indonesia, “Total anggaran senilai Rp. 4,5 triliun”. Ujar Direktur Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial, Asep Sasa Purnama Selasa 29 September 2020.

Satu syarat utama yang harus dipenuhi oleh masyarakat yang menjadi penerima adalah tidak terdaftar sebagai penerima PKH. Bila syarat ini terpenuhi maka dana akan diberikan langsung oleh pemerintah ke rekening Kartu Keluarga sejahtera (KKS).

Mekanisme pemberiannya adalah transfer langsung oleh Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara). Untuk mengetahui apakah termasuk dalam program ini masyarakat hanya perlu mengakses situs cekbansos.siks.kemsos.go.id.

Situs tersebut adalah situs resmi dari Kementerian Sosial yang dapat diakses oleh semua masyarakat terkait Program Bantuan Sembako dari Pemerintah. Jika sudah mengakses situs tersebut tinggal memilih jenis nomor identitas yang akan digunakan untuk melakukan pencarian data. Apakah mau menggunakan nomor identitas DTKS, Nomor Identitas kepesertaan BPJS Kesehatan maupun menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Bila sudah menggunakan salah satu nomor identitas di atas maka akan dilanjutkan dengan mengisi nama sesuai yang tercantum di kartu identitas yang dipakai. Kemudian dilanjutkan dengan mengisi kode capcha sesuai dengan yang telah disediakan sistem, lalu klik cari.

System akan melakukan proses pencarian data yang telah dimasukkan apakah termasuk sebagai peserta yang menerima bansos ataupun tidak.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan, semoga dapat bermanfaat. Dan diharapkan dapat mendongkrak perkonomian rakyat serta dapat menyelamatkan Indonesia dari Resesi Ekonomi.

Post a Comment for " Cara Daftar Bansos Non PKH, Baca Selengkapnya Disini"