Widget HTML #1

Beramal Dengan Berdonor Darah, Berikut Kisahnya

sahabatberbagi91.com|Siapa yang enggak mengetahui tentang donor darah, mungkin bagi banyak orang donor darah bukan suatu agenda rutin yang selalu dilaksanakan. Namun berbeda halnya dengan admin sahabatberbagi91.com.

Dalam artikel ini admin akan berbagi sedikit cerita tentang admin sendiri. Bagi admin donor darah sudah menjadi agenda rutin dan kebutuhan yang mesti harus dilaksanakan setiap tiga bulan sekali.

Donor Darah
Ditengah Pandemi Covid-19, Donor Darah dan Pemenuhan Kebutuhan Darah tetap harus terpenuhi dengan tetap menaati Protokol Kesehatan.

Admin menuliskan ini, harapannya menjadi suatu motivasi bagi yang memiliki raga yang sehat untuk terus berbagi untuk raga lain yang sedang dalam keadaan sakit yang membutuhkan pertolongan darah dengan segera. 

Seperti yang kita ketahui, darah merupakan suatu kebutuhan yang vital dalam tubuh manusia. Mengangkut zat-zat dan oksigen keseluruh tubuh manusia serta menjadi sumber pertahanan terhadap virus dan bakteri di dalam tubuh.

Bisa kita bayangkan jika seseorang yang membutuhkan pertolongan darah, baik itu orang yang harus selalu cuci darah, kecelakaan, perdarahan melahirkan dan lain-lain. Kebutuhannya sangat mendesak dan segera harus terpenuhi, jika tidak terpenuhi bisa di bayangkan apa yang akan terjadi kan?

Hari ini mungkin bukan kita atau keluarga kita yang berada pada posisi tersebut. bayangkan jika suatu saat kita berada di posisi orang yang membutuhkan pertolongan tersebut, sedangkan orang yang mau mendonorkan darahnya sangat sedikit. Kemana kita akan mencari bantuan tersebut?

Pertama sekali admin melakukan donor darah yaitu pada tanggal 24 Maret 201, tepatnya pada saat masih menempuh Pendidikan di sebuah universitas di Aceh. Tujuan utama melakukan donor darah secara sukarela yaitu untuk membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan dan menjadi sedekah untuk akhirat kelak nanti, ”saya memiliki badan yang sehat, sedangkan banyak diluar sana orang yang sangat membutuhkan darah. Apa salahnya saya memberikan sedikit darah saya supaya menjadi penolong bagi yang membutuhkan”.

Sama halnya kan seperti didalam harta orang kaya, yang terdapat hak orang miskin. Berhubung kita bukan orang kaya, tetapi memiliki tubuh yang sehat apa salahnya kita bersedekah dengan berbagi sedikit darah. Sedekah kita lebih berharga daripada uang loh….! Ada kepuasan batiniah yang akan kita dapatkan setelah mendonorkan darah kepada orang yang membutuhkan.

Setelah mendonorkan darah beberapa kali, kegiatan ini sudah menjadi suatu kebutuhan bagi tubuh admin, setalah melakukan donor darah tubuh admin terasa ringan “ntah perasaan saja” tapi itulah yang admin rasakan. Kepala yang terasa berat menjadi ringan, tidur enak, pokoknya banyak deh yang admin rasakan. 

Pada tanggal 22 Agustus 2020, alhamdulillah admin baru saja siap melakukan donor darah sukarela yang ke 29 kali. Belum banyak sih, karena banyak diluar sana yang sudah melakukan donor darah sukarela sampai dengan 100 kali. Sangat banyak nyawa yang sudah meraka selamatkan.

Untuk yang belum pernah malaukan donor darah, ayo…? Tunggu apa lagi, kalua bukan sekarang kapan lagi. Jangan selalu berfikir darahmu tidak cukup, dan jangan beranggapan kalau sudah memberikan darah kepada orang lain darah kita akan berkurang, ‘hehehehehe’ merasa lucu dengan anggapan demikian. Cek dulu, petugas akan konfirmasi jika bisa dilakukan pengambilan darah setelah dilukan tes.

Setelah kita melakukan donor darah, tubuh kita akan dengan segera meregenerasi sel darah dengan yang baru. 

Pernah dengar gak kenapa di dunia lebih banyak wanita daripada pria? Karena wanita itu rutin melakukan donor darah secara alamiah setiap bulannya, wanita setiap bulan mengeluarkan darah kotor melalui menstruasi. Wanita setiap bulan mendapatkan regenerasi darah baru. Lah, kita pria gimana? Kapan tubuh kita akan meregenerasi sel darah baru kalau bukan dengan donor darah.

Ini admin bagi manfaat donor darah

  1. Menurunkan kolesterol, gula dan asam urat;
  2. Menurunkan resiko stroke;
  3. Menurunkan resiko kanker;
  4. Membentuk badan ideal;
  5. Mengontrol tekanan darah;
  6. Mempercepat proses penyembuhan luka;
  7. Meningkatkan produksi sel darah merah;
  8. Pemeriksaan Kesehatan berkala;
  9. Menjaga Kesehatan jatung dan mengurasi resiko penyakit jantung;
  10. Mendeteksi penyakit serius; dan
  11. Mendapatkan Kesehatan psikologis.

Berikut syarat-syarat donor darah

  1. Umur minimal 17 tahun;
  2. Memiliki berat badan paling rendah 45 kg, dibawah itu tidak dianjurkan untuk donor darah karena pengurangan darah dikhawatirkan akan mengganngu keseimbangan sistem kerja tubuh;
  3. Suhu tubuh normal, antara 36,6 – 37,5 derajat celcius;
  4. Tekanan darah normal, yaitu systole 100 -160 mmHg, diastole 70 -100 mmHg;
  5. Denyut nadi teratur, yaitu sekitar 50 – 100 x/menit;
  6. Hemoglobin wabita minimal 12,5 gram%, pria minimal 13gram%;
  7. Maksimal melakukan donor darah sebanyak 5 kali setahun, atau berjarak minimal 3 bulan;
  8. Tidak minum obat 3 hari sebelum mendonorkan darah; dan
  9. Tiga jam setelah makan berat (nasi, mie, lontong) atau tidak dianjurkan donor darah dalam keadaan perut kosong.

Post a Comment for "Beramal Dengan Berdonor Darah, Berikut Kisahnya"