Widget HTML #1

Pertolongan Pertama Korban Syok, Ini Gejala Dan Tanda Yang Harus Kita Ketahui

sahabatberbagi91.com|Pertolongan Pertama Korban Syok - Syok terjadi bila sistem peredaran darah/sirkulasi gagal mengirimkan darah yang kaya mengandung oksigen dan bahan nutrisi ke organ vital (terutama otak , jantung dan paru-paru). 

Sistem peredaran darah atau dikenal dengan sistem sirkulasi, bertanggungjawab untuk mengedarkan darah keseluruh tubuh manusia. Sistem ini memiliki 3 komponen utama yaitu jantung, pembuluh darah dan darah. Sistem sirkulasi harus berfungsi dengan baik sesuai tugas daripada komponen tersebut supaya tidak terjadi gangguan atau disfungsi kinerja organ dalam tubuh manusia.

Pertolongan Pertama Korban Syok

Perdarahan yang besar merupakan penyebab syok yang utama. Didalam tubuh manusia memiliki darah dalam  jumlah tertentu dan bila terjadi sejumlah besar darah hilang maka perfusi akan gagal. 

Dari sedikit penjelasan diatas, menjadi dasar untuk membuka pengetahuan dan pemahaman kita bahwa syok itu adalah suatu kasus trauma yang bisa terjadi pada siapa saja akibat perdarahan yang besar dan bila tanpa penanganan yang cepat dan tepat akan berakibat fatal bagi korban.

Namun, di dalam masyarakat syok diartikan dengan beragam. Ada yang mengartikan sebagai suatu penyakit ketakutan terhadap hal-hal yang kurang wajar. Sehingga menghilangkan makna syok yang sesungguhnya.

Dalam artikel kami kali ini, kami akan berbagi sedikit ilmu tentang gejala dan tanda serta bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada korban syok. Mari dibaca dan disimak dengan seksama sehingga dapat dipahami serta menjadi pembelajaran buat kita bersama.

Penyebab Syok.

Kegagalan Jantung Memompa Darah.
Contoh adalah kasus gagal jantung atau serangan jantung. Jantung merupakan organ vital yang bertugas memompa darah untuk dipasok keseluruh tubuh manusia sesuai kebutuhan.

Kehilangan Darah Dalam Jumlah Besar.
Kehilangan darah yang paling sering menyebabkan syok adalah perdarahan berat tanpa penanganan yang cepat dan tepat sesuai dengan keadaan korban, sehingga terjadi kehilangan cairan tubuh dengan cepat.

Pembuluh Darah terjadi Pelebaran yang Luas, sehingga Kebutuhan Darah tidak dapat terpenuhi dengan Baik.
Korban dengan keadaan pembuluh darah yang melebar luas, jumlah darah yang ada tidak mampu dan cukup untuk mengisi ruang pembuluh darah yang sangat melebar. Sehingga darah yang beredar relatif berkurang, kelainan ini disebabkan kelumpuhan saraf akibat cedera tulang punggung. Infeksi berat atau akibat gangguan tubuh tubuh dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah Anafilaktik, suatu keadaan pada penyakit alergi yang sangat parah.

Apapun penyebabnya, akibatnya sama yaitu perfusi berkurang dengan dampak nayawa korban teramcam.

Gejala dan Tadan Syok
Dalam banyak kasus gejala dan tanda syok itu sama, walau faktor penyebabnya berbeda. Gejala dan tandanya sesuai dengan berat atau tidaknya kondisi keadaan korban.

Tanda Syok.

Nadi Cepat dan Lemah.
Akibat kekurangan pasokan darah maka respon sistem sirkulasi adalah meningkatnya kecepatan pemompaan oleh jantung, untuk mempertahankan perfusi jaringan yang dapat diwujudkan dengan meningkatnya frekuensi nadi. 

Pada keadaan syok nadi akan berdenyut lebih dari 100 x/menit. Jumlah darah yang berkurang secara banyak akan mengakibatkan penurunan tekanan darah sehingga nadi menjadi lemah dan halus.

Nadi Cepat dan Dangkal.
Keadaan berkurangnya pasokan darah yang kaya mengandung oksigen dan nutrisi kepada organ tubuh sehingga menyebabkan organ tubuh ini mengirimkan sinyal ke otak bahwa oksigen berkurang. Otak akan memerintahkan pari-paru untuk bekerja makin cepat. 

Sejalan dengan makin parahnya syok, nafas menjadi makin cepat. Upayanya makin sulit, dangkal dan kadang tidak teratur. Pemicu lainnya adalah kerjsama antara paru-paru dan jantung. Meningkatnya kerja jantung pasti akan disertaimeningkatnya kerja paru-paru.

Kulit pucat, Dingin dan Lembab.
Secara biologis tubuh manusia memiliki sistem pertahanan sendiri. Dalam keadaan darurat darah akan diarahkan menuju organ tubuh yang paling penting yaitu jantung, otak dan lainnya. Dari keadaan tersebut akan mengakibatkan perubahan pada suhu dan warna kulit yang akan menjadi dingin dan pucat. Makin berat keadaan syok makin dingin kulitnya serta kulitnya mungkin akan menjadi lembab.

Wajah.
Wajah akan menjadi pucat dan terlihat sianosis pada bibir, lidah dan cuping telinga sebagai tanda akibat kekurangan oksigen.

Mata.
Mata merupakan sebagai jendela dari otak. Saat otak mengalami gangguan maka mata akan mengalami pandangan hampa dan disrtai manik mata yang melebar.

Perubahan Keadaan Mental.
Otak manusia adalah organ yang sangat sensitive terhadap berkurangnya pasokan oksigen. Bila jumlah pasokan oksigen berkurang ke otak walau dalam jumlah sedikit maka akan mengakibatkan terjadinya perubahan mental seperti gelisah, rasa takut yang berlebihan dan tekanan emosional.

Akibat dari proses yang telah kita uraikan diatas, maka korban akan merasakan gejala-gejala sebagai berikut :

Mual, mungkin disertai muntah
Lesu
Lemas
Pusing
Tidak nyaman dan takut berlebihan, pada pengamatan beberapa korban mungkin gejlala inilah pertama kali ditemukan.

Penting !
Dalam setiap kasus dan kondisi, segeralah meminta bantuan.


Penanganan Korban Syok.

Bawa korban ketempat teduh dan aman.
Tidurkan telentang dengan tungkai ditinggikan 20-30 cm, jika tidak dicurigai ada patah tulang belakang atau patah tungkai.
Melonggarkan pakaian korban, apabila diperlukan.
Berikan selimut untuk menjaga panas tubuh tidak hilang.
Tenangkan korban.
Pastikan jalan nafas terbuka dan pernafasan dalam keadaan baik. Pada korban syok berat kesadaran akan menurun sehingga ditakutkan lidah korban mungkin akan jatuh menutupi jalan nafas.
Kontrol perdarahan dan melakukan melakukan perawatan cidera lainnya bila ada.
Bila ada berikan oksigen sesuai protokol.
Jangan berikan korban makan dan minum. 
Periksa tanda vital secara berkala.
Rujuk ke fasilitas Kesehatan.

Demikianlah sedikit ilmu yang dapat kami bagikan, semoga kita semua memahami tentang gejala dan tanda serta bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada korban syok. 










Referensi Materi :

Buku Pertolongan Pertama PMI, Edisi Kedua

1 comment for "Pertolongan Pertama Korban Syok, Ini Gejala Dan Tanda Yang Harus Kita Ketahui"

Comment Author Avatar
Terimakasih dengan artikel ini saya dapat mengetahui apa itu syok , gejala serta tanda nya , ,namun saran sedikit kalimat kalimat nya agar lebih diperhatikan lagi, karena ada kalimat yng salah penulisan nya , seperti tanda menjadi tadan. .. Keseluruhan sangat baguss. .