Widget HTML #1

Orang Disekitar Anda Tersedak, Jangan Panik. Ini Teknik Pertolongan Pertama Yang Harus Anda Ketahui

sahabatberbagi.com|Pertolongan Pertama Korban Tersedak - Tersedak adalah suatu kejadian dimana suatu benda asing tersangkut di tenggorokan sehingga menutupi jalan nafas. Kejadian ini bisa terjadi pada siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Penyebab yang sering kita dengar yaitu tersedak dengan sepotong kue bagi orang dewasa dan tersedak dengan bakso bagi anak-anak.

Anak kecil memiliki resiko tersedak lebih tinggi daripada orang dewasa, maka dari itu perlu pengawasan yang baik dari pada orang tua maupun guru jika sedang berada di sekolah.

Tersedak terdiri dari dua macam yaitu sumbatan total dan sumbatan parsial atau sebagian. Kalau di tanya mengenai sumbatan mana yang paling berbahaya atara kedua sumbatan tersebut, pasti sama-sama kita pahami sumbatan total merupakan sumbatan yang paling berbahaya karena akan menghentikan jalan nafas seseorang dengan total. Namun kedua sumbatan tersebut tidak boleh kita sepelekan karena sama-sama berbahaya karena jikalau tidak tertangani dengan baik maka akan beresiko fatal bagi korban tersedak tersebut.

Tersedak, PMI Bireuen, PMR
Oksigen yang seyokyanya masuk ke paru-paru dan ke otak sudah terhambat, sehingga beberapa menit tidak tertangani, otak akan mengalami kerusakan permanen sehingga mengakibatkan kematian.

Keadaan normal manusia, akan memperlihatkan tanda-tanda sebagai petunjuk jika sedang mengalami sumbatan jalan nafas, korban tersedak akan memegang areal dimana benda asing yang tersangkut dan mengganggu jalan nafas.

Jika orang disekitar anda mengalami tersedak, jangan panik. Segera berikan pertolongan pertama untuk korban tersedak tersebut agar benda asing yang menghambat jalan nafas dapat keluar.

Berikut kami akan berbagi sedikit ilmu tentang pertolongan pertama pada orang tersedak, sehingga dapat menjadi modal pemberian pertolongan pertama bagi orang tersedak dan dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Khusus untuk mengatasi sumbatan total dikenal dengan istilah perasat-Heimlich atau Heimlich Maneuver.

Ada beberapa Teknik Heimlich Maneuver yaitu :

Pukulan Pada Punggung.
Hentakan Perut pada penderita dewasa dan anak-anak yang ada respon.
Hentakan Perut pada penderita dewasa dan anak-anak yang tidak ada respon.
Hentakan Dada pada penderita dewasa yang kegemukan atau wanita hamil dengan kondisi ada respon.
Hentakan Dada, pada penderita dewasa yang kegemukan atau wanita hamil dengan kondisi tidak ada respon atau tidak sadar.

Penatalaksaan Pemberian Pertolongan Pertama pada orang tersedak.

Merespon Korban.
Sebelun melakukan pukulan punggung pada korban tersedak terlebih dahulu yang harus dilakukan adalah merespon korban. Jangan lakukan upaya merespon korban dari arah belakang karena dapat mengakibatkan korban terkejut, tetapi responlah korban tersedak dari arah samping sehingga kedatangan kita untuk menolong dapat dilihat oleh korban.

Bebaskan Tangan Yang Mencekik.
Lakukan komunikasi dengan korban walaupun korban menjawab dengan isyarat, bebaskan tangan korban yang mencekik, terlebih dahulu sampaikan kepada korban apa yang akan kita lakukan sehingga korban dapat mengikuti dan nyaman.

Pukulan Pada Punggung.
Untuk upaya pertolongan berikan pukulan pada punggung korban, pukulan dilakukan dengan gaya mendorong ke arah atas. Bila benda yang tersangkut keluar pada saat kita laksanakan upaya ini maka segera istirahatkan korban dan tidak perlu dilanjutkan ke penanganan selanjutnya. 

Namun, bila dengan pemberian pukulan pada punggung benda yang tersangkut dan menyumbat jalan nafas tidak keluar maka perlu pemberian pertolongan pertama lebih lanjut.

Tentukan Titik Tekanan atau Hentakan.
Cara yang harus diperhatikan dalam menentukan titik hentakan adalah sebagai berikut :
Untuk menentukan titik hentakan perut, langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu dengan mengukur menggunakan tangan penolong antara pusat dan pertemuan dua tulang iga, tentukan titik tengahnya sebagai titik hentakan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut.

Pertolongan Pertama Tersedak


Untuk menentukan titik hentakan dada, langkah-langkah yang harus dilakukan sama dengan penentuan hentakan perut. Cuma penempatan penetuan yang berbeda, ini dilakukan penetuan titik hentakan antara pertemuan dua tulang iga dan tulang selangka.

Hentakan Perut pada penderita dewasa dan anak-anak yang ada respon.
Teknik pemberian pertolongan pertama ini dilakukan apabila setelah melakukan rangkaian pertolongan diatas, tetapi benda yang menyumbat jalan nafas tidak keluar maka segera berikan hentakan pada perut korban baik pada penderita dewasa maupun anak-anak. 

Teknik pemberian hentakan seperti mengulek, tekan kemudian dorong kearah atas seperti gaya mengulek.

Hentakan Perut pada penderita dewasa dan anak-anak yang tidak ada respon.
Teknik pemberian pertolongan pertama ini diberikan kepada penderita yang tidak sadar setelah melewati serangkaian pemberian pertolongan diatas. Namun dalam perjalanan pemberian pertolongan pertama korban tersedak tersebut mengami pingsan, atau bisa juga pada saat kita menemukan korban sudah dalam keadaan pingsan.

Segera berikan pertolongan, buka jalan nafas korban kemudian tentukan titik hentakan perut. Kemudian lakukan sapuan jari untuk melihat apakah ada benda yang keluar atau tidak, kalau ada segera keluarkan dan jika tidak lakukan kembali proses pertolongan seperti semula secara berulang. 

Hentakan Dada, pada penderita dewasa yang kegemukan atau wanita hamil dengan kondisi ada respon.
Teknik pemberian pertolongan pertama ini dilakukan pada korban sadar dan korbannya kegemukan dan korban wanitanya dalam keadaan hamil. setelah melakukan rangkaian pertolongan diatas, tetapi benda yang menyumbat jalan nafas tidak keluar maka segera berikan hentakan pada dada korban baik pada penderita dewasa yang kegemukan maupun wanita hamil. 

Teknik pemberian hentakan pada dada adalah bersifat memberikan hentakan langsung, Berbeda dengan hentakan yang diberikan di perut.

Hentakan Dada, pada penderita dewasa yang kegemukan atau wanita hamil dengan kondisi tidak ada respon atau tidak sadar.
Teknik pemberian pertolongan pertama ini diberikan kepada penderita yang tidak sadar setelah melewati serangkaian pemberian pertolongan diatas. Baik korbannya pingsan dalam pemberian pertolongan maupun korban saat kita jumpai sudah dalam keadaan pingsan.

Segera berikan pertolongan, buka jalan nafas korban kemudian tentukan titik hentakan dada. Kemudian lakukan sapuan jari untuk melihat apakah ada benda yang keluar atau tidak, kalau ada segera keluarkan dan jika tidak lakukan kembali proses pertolongan seperti semula secara berulang. 


Demikianlah penatalaksanaan pemberian pertolongan pertama bagi korban tersedak yang dapat kami bagikan, semoga dapat menjadi pengetahuan yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari. Jika ada yang kurang paham dan kurang jelas silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.


Post a Comment for "Orang Disekitar Anda Tersedak, Jangan Panik. Ini Teknik Pertolongan Pertama Yang Harus Anda Ketahui"