Widget HTML #1

Korps Sukarela

sahabatberbagi91.com|Korps Sukarela (KSR) adalah kesatuan unit relawan di dalam organisasi PMI yang menjadi wadah bagi anggota biasa yang atas kesadaran sendiri menyatakan bergabung dan mengabdikan diri menjadi anggota.

KSR PMI Bireuen

Ruang Lingkup Kegiatan KSR :
Sosialisasi dan aksi dalam kegaiatan Donor Darah Sukarela;
Pertolongan Pertama dan Evakuasi dalam keadaan Normal maupun Bencana atau Konflik;
Pelayanan Ambulant PMI;
Pelayanan Dapur Umum, Penampungan Sementara, Distribusi, Restoring Family Link untuk korban bencana;
Palayanan dalam program berbasis masyarakat;
Layanan Konseling dan Pendidikan Remaja Sebaya untuk upaya pencegahan narkoba dan HIV/IADS;
Keterampilan Hidup Bersih dan Sehat;
Temu Karya, Baik tingkat Daerah, Nasional maupun Internasional;
Penugasan dalam pembinaan unit-unit PMR; dan
Semua penugasan yang diberikan dalam semua kegiatan yang dilakukan oleh PMI.

Syarat Menjadi Anggota KSR.
Warga Negara Indonesia;
Umur Minimal 18 Tahun dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk;
Pendidikan minimal SLTA Sederajat;
Bersedia mengikuti Pendidikan dan Pelatiahan;
Bersedia mengabdikan diri, menyebarluaskan dan menjalankan tugas kepalangmerahan, dan menaati semua peraturan yang berlaku dalam organisasi PMI.

Bagi anda yang ingin bergabung dalam organisasi kemanusiaan ini melalui Unit KSR, anda dapat langsung dapat menanyakan informasi perekrutan ke Markas PMI Kab/Kota tempat anda tinggal. Bagi anda yang mempunyai minat serta jiwa kemanusiaan akan tetapi masih kuliah, untuk bergabung silahkan langsung menanyakan informasi di Unit Kegaiatan Mahasiswa (UKM) KSR Perguruan Tinggi tempat anda kuliah jika di Perguruan Tinggi anda kuliah terdapat Unit KSR.

Jika ada proses rekruitmen, untuk menjadi anggota KSR anda harus mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar 120 jam sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dapam manajemen relawan PMI. Setelah itu semua dilaksanakan dan dilalui anda akan diakui sebagai seorang KSR dibuktikan dan dibekali dengan sertifikat dan Kartu Tanda Anggota KSR.

Jika ada suatu kegiatan yang dijalankan oleh PMI maka anda sudah siap untuk dimobilisasi baik pada saat normal maupun saat bencana.

Sebagai anggota KSR anda juga akan mendapatkan pelatihan lanjutan yang disebut dengan spesialisasi, ini adalah uapaya peningkatan sumber daya setiap relawan yang ada di PMI dengan keahlian khusus, sehingga relawan akan lebih siap dala menajalankan tugas-tugas kepalangmerahan dilapangan.

Post a Comment for "Korps Sukarela"