Widget HTML #1

Jangan Langsung Menyentuh, Ini Teknik Pertolongan Pertama Pada Korban Tersengat Listrik

Tersengat listrik dapat mengakibatkan luka bakar (derajat 1,2 dan 3), kerusakan organ tubuh sampai dengan akibat yang apling fatal yaitu kematian. Oleh karena itu orang yang tersengat listrik harus segera mendapatkan pertolongan pertama yang cepat dan tepat untuk upaya menyelamatkan nyawa korban.

Tersengat Listrik, PMI

sahabatberbagi91.com|Pertolongan pertama adala pemberian pertolongan segera kepada korban sakit, cidera atau kecelakan yang memerlukan penanganan medis dasar. Tujuan utamanya ialah untuk menyelamatkan nyawa, mencegah kecacatan dan memberikan rasa nyaman kepada korbandalam proses penyembuhan.

Listrik merupakan suatu kebutuhan bagi manusia dalam kehidupan sehari, hampir semua orang sudah menggunakan listrik. Bila seseorang tidak hati-hati dalam menggunakan listrik akan menjadi sangat berbahaya dan menjadi sumber ancaman yang sangat besar.

Tersengat listrik bisa dialami oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja, baik tersengat dengan tegangan rendah, sedang maupun tegangan tinggi.

Bila seseorang tersengat listrik, orang tersebut akan mengalami cidera bahkan bisa menghilangkan nyawa. Aliran listrik yang masuk kedalam tubuh akan melewati semua organ tubuh sehingga mengakibatkan kerusakan sangat luas pada jaringan saraf, organ vital, pembuluh darah dan jaringan otot serta akan mengakibatkan luka bakar dalam beberapa derajat sesuai besaran aliran arus listrik yang masuk dalam tubuh.

Tersengat listrik merupakan suatu peristiwa dimana seseorang dialiri aliran listrik di dalam tubuhnya. Ini dapat terjadi karena pada dasarnya dalam tubuh manusia juga terdapat penghantar listrik yang baik.

Sifatnya, aliran listrik mengalir dari titik bertegangan tinggi ke titik bertegangan rendah. Untuk kasus orang tersengat listrik, tubuh manusia menjadi penghubung antara dua komponen yaitu peralatan elektronik/listrik (tegangan tinggi) dengan tanah (tegangan rendah). Hal ini sesuai dengan sifat dari pada listrik, akan mencari jalan penghubung untuk menuju ke tempat bertengangan rendah.

Ada dua macam proses sengatan listrik terjadi pada seseorang yaitu :

Sentuhan langsung 
Sengatan listrik terjadi ketika anggota tubuh bersentuhan langsung dengan alat listrik yang bertegangan misalnya kabel yang terbuka maupun sambaran petir.

Sentuhan tidak langsung.
Sengatan listrik terjadi pada anggota tubuh manusia akibat adanya tengangan liar yang terhubung dan mengaliri suatu peralatan atau benda yang bahan dasarnya logam.

Penyebab umum seseorang mengalami sengatan listrik :
Seseorang bersentuhan langsung dengan kabel listrik yang terbuka.
Tidak sengaja bersentuhan dengan sumber listrik.
Bersentuhan dengan peralatan listrik dengan anggota gerak yang basah.
Bersentuhan dengan instalasi, kabel listrik sedang perbaikan atau rusak.
Bersentuhan dengan bahan material berbahan logam yang dialiri arus listrik. Seperti tiang dan tangga.
Tidak sengaja bersentuhan dengan kabel saluran listrik yang terputus dan masih terkait pada tiang listrik.
Bersentuhan dengan peralatan listrik yang rusak seperti saklar, steker, stop kontak dan peralatan listrik lain.
Bersentuhan dengan perkakas listrik.
Tersambar petir.

Tingkat keparahan cidera seseorang yang ditimbulkan dari faktor sengatan listrik dipengaruhi besaran arus, jenis arus dan lama waktu tersengat listrik.

Gejala dan Tanda Tersengat Listrik
Kesemutan;
Nyeri;
Kontraksi otot; 
Ganguan kerja jantung;
Pingsan;
Gangguan tekanan darah;
Kejang;
Lemas;
Henti jantung; 
Gelisah;
Kesulitan bernafas;
Dislokasi sendi;
Tubuh kehilangan tenaga; dan 
Mengalami luka bakar.

Penting!
Keselamatan penolong lebih utama.
Dalam semua kasus dan kondisi segerala menghubung bantuan.
Jangan langsung menyentuh korban dalam meberikan pertolongan, karena dikhatirkan korban tersengat listrik masih terkait langsung dengan aliran arus listrik.
Pindahkan korban bila diperlukan.
Jika korban mengalami luka bakar, segera berikan perawatan luka bakar sesuai kaidah pertolongan pertama luka bakar.


Pertolongan Pertama pada Korban Tersengat Listrik.
Korban yang tersengat listrik membutuhkan pertolong dengan segera. Sebagai pelaku Pertolongan Pertama, segera berikan pertolongan dengan cepat dan tepat sesuai keadaan korban. Berikut Langkah-langkah Pertolongan Pertama yang harus kita kuasai ;

Amankan tempat, pastikan serta lakukan periksaan bahaya apapun yang mengancam;

Amankan diri, berikan pertolongan setelah memastikan kondisi benar-benar aman;

Segera hubungi bantuan;

Matikan sumber aliran listrik, jika itu memungkinkan;

Jika sumber aliran listrik tidak dapat dimatikan, usahakan memindahkan sumber tersebut menggunakan kayu dan alat lain yang tidak menghantarkan listik;

Segera lakukan pemeriksaan respon korban;

Periksa pernafasan korban, apakah korban bernafas atau tidak;

Jika korban tidak bernafas, segera buka jalan nafas korban. Jika korban tetap tidak bernafas segera lakukan pijat jantung korban (RJP) apabila anda menguasai dan kompeten dalam hal pemberian pertolongan tersebut.

Lakukan pemeriksana fisik korban mulai ujung kepala sampai ke ujung kaki, cari apakah ada perubahan bentuk, luka terbuka, nyeri dan bengkak di tubuh korban. Kalau ada berikan perawatan.

Persiapkan korban untuk segera dirujuk ke fasilitas kesehatan.


Demikianlah informasi dalam artikel ini dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan menjadi modal untuk kita semua dalam memberikan pertolongan pertama pada korban tersengat listrik. sehingga kita dapat memperkecil kemungkinan terburuk yang dapat dialami oleh korban tersengat listrik.










Referensi Materi :

Buku Pertolongan Pertama PMI, Edisi Kedua

Post a Comment for "Jangan Langsung Menyentuh, Ini Teknik Pertolongan Pertama Pada Korban Tersengat Listrik"