Widget HTML #1

Tips Menyusun Pengajuan Dana Desa Tahap II

sahabatberbagi91.com|Tips Menyusun Pengajuan Dana Desa Tahap II - Kebijakan membangun dari pinggiran yang digaungkan oleh pemerintah sejak 2014 lalu dinilai telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan pembangunan masyarakat desa. Sesuai dengan inti dari amanat UU No. 6 Tahun 2014 tentang desa, memberikan pelimpahan kewenangan kepada desa untuk berotonomi dengan miliaran dana yang digelontorkan pemerintah pusat.

Desa mendapatkan kewenangan berotomi serta suntikan sumber dana yang memadai agar dapat mengelola potensi yang dimilikinya guna meningkatkan ekonomi dan kesejahtaraan masyarakat. Pemerintahan desa dituntut untuk mengelola penyelenggaraan pemerintah secara mandiri dengan swakelola berdasarkan hasil musyawarah mufakat yang dilaksanakan di desa. Dalam pelaksanaan kewenangan tersebut, dalam proses pencairan dana desa harus melewati prosedur pengajuan yang telah ditetapkan. pemerintahan desa juga harus menyiapkan beberapa dokumen pengajuan dana desa. 

Kemudian untuk dapat menyelesaikan prosedur pengajuan, dokumen yang perlu dipersiapkan untuk pengajuan dana desa tahap II adalah 

1. SURAT PEMOHONAN.

Pengajuan Dana Desa


Surat permohonan adalah surat yang dibuat oleh kepala desa selaku penguasa anggaran yang ditujukan kepada camat/dinas terkait (nama lain) untuk permohonan pencairan  Dana Desa tahap II.

DOWNLOAD CONTOH SURAT PERMOHONAN


2. LAPORAN REALISASI CAPAIAN OUTPUT TAHUN 2019.


Tips Menyusun Pengajuan

Menyiapkan laporan realisasi penyerapan dana capaian output dana desa tahun 2019 perlu dilaporkan secara kaseluruhan.

DOWNLOAD CONTOH FORM REALISASI OUTPUT 2019


3. LAPORAN REALISASI CAPAIAN OUTPUT TAHUN 2020.


Tips Menyusun Pengajuan Tahap II


Selanjutnya yang perlu disiapkan adalah laporan realisasi penyerapan dana capaian output dana desa tahap pertama 2020 juga harus dilaporkan.

DOWNLOAD CONTOH FORM REALISASI OUTPUT 2020


4. SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB MUTLAK (SPTJM).

Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) terhadap penggunaan dana yang ditandatangani oleh Kepala Desa/nama lain bermaterai 6.000,-

DOWNLOAD CONTOH SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB MUTLAK


5. FOTOCOPY PRINT OUT REKENING KAS PEMERINTAHAN DESA TERBARU.


Berkas terakhir yang harus dilengkapi adalah print out rekening kas pemerintahan desa, guna untuk melihat kecocokan pemasukan dan pengeluaran serta sisa saldo dalam rekening kas desa.

Dengan adanya tulisan ini kita sangat berharap dapat bermanfaat dan dapat sedikit membantu kepla desa atau para operator dalam menyusun pengajuan Dana Desa tahap II. Sehingga Pengajuan dapat cepat terselesaikan dan dapat segera diajukan.

Post a Comment for "Tips Menyusun Pengajuan Dana Desa Tahap II"