Widget HTML #1

Pentingnya Jalur Evakuasi Dalam Kesiapsiagaan Keluarga

sahabatberbagi91.com|Pentingnya Jalur Evakuasi Dalam Kesiapsiagaan Keluarga - Rumah adalah tempat sebuah keluarga untuk berkumpul dan beristirahat bersama anggota keluarga dalam menjalani kehidupan serta berbagi kasih sayang. Memiliki rumah adalah impian semua orang yang sudah berkeluarga, maka rumah perlu dipersiapkan sedemikian rupa untuk menunjang proses kehidupan sebuah keluarga dan terkhusus perlu dipersiapkan dalam hal menghadapi bencana, karena bencana tidak memberikan sinyal kapan dan dimana akan terjadi baik siang ataukah malam serta siapa saja yang akan mendapatkan dampak, kerugaian apa saja yang akan dialami dan jangan sampai rumahmu menjadi jebakan tersendiri bagimu di saat terjadi bencana khususnya pada malam hari.

Jalur Evakuasi

Bencana merupakan suatu kejadian luar biasa  yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, kehilangan harta benda sarta mengganggu proses kehidupan manusia. Bencana merupakan sesuatu hal yang semua orang tidak mengharapkan kedatangannya, namun itu menjadi hak dan ketentuan sang pencipta untuk menegur ummat manusia sehingga dapat belajar dan mengambil hikmah untuk selalu merefleksikan diri untuk saling berbagi dan menjaga.

Dalam kehidupan antar manusia, bencana mengajarkan kita untuk saling berempati kepada korban yang ditimbulkan bencana, berempati untuk saling melengkapi antara suka dan duka. Sehingga menjadi pengingat untuk setiap pribadi untuk terus sadar dengan segala persiapan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Merencanakan mitigasi merupakan kewajiban dalam sebuah keluarga, mulai dengan mensosialisasikan langkah-langkah yang harus ditempuh anggota keluarga sebelum dan sesaat akan terjadi bencana. Apapun jenis bencana perlu dipelajari bersama untuk mencapai kesepakatan anggota keluarga. Apa yang akan dilakukan sebelum bencana terjadi dan kemana akan menuju saat bencana akan terjadi atau sedang terjadi.

Kamu pastinya tau gimana kondisi orang yang terbangun dari tidur dengan tiba-tiba, bisa kamu bayangkan kalau ditambah lagi dalam kondisi bencana dan keadaan gelap. kita contohkan saat terjadi gempa dimalam hari dengan kondisi lampu padam, bisa kita bayangkan gimana paniknya dan apa yang akan terjadi kalau kita tidak bekali rumah kita dengan Jalur Evakuasi.

Penting!
  • Usahakan untuk tidak panik dan tetap tenang;

Oleh karena itu masyarakat perlu mempersiapkan segala sesuatu sedini mungkin untuk memperkecil dampak yang ditimbulkan, keberadaan Jalur Evakusi merupakan langkah konkrit yang harus disiapkan dan disepakati bersama terutama dalam sebuah keluarga. Penentuan titik aman yang diarahkan oleh jalur evakuasi kemana anggota keluarga harus menuju saat terjadi bencana.

Dengan adanya jalur evakuasi dan penentuan titik aman dapat memudahkan proses penyelamatan diri dan proses evakuasi anggota keluarga serta dapat meminimalisir jatuhnya korban jiwa pada saat terjadi bencana.

Yang perlu diperhatikan dalam persiapan jalur evakuasi adalah
  1. Arah penunjuk arah jalur evakuasi harus jelas;
  2. Gunakan alat penunjuk arah jalur evakuasi yang sifatnya nampak pada malam hari;
  3. Pastikan semua ruangan dan kamar dibekali penunjuk arah evakuasi yang mengarah kesetiap pintu sebagai jalan keluar;
  4. Jalur evakuasi harus jauh dari sumber ancaman atau bahaya;
  5. Beri pemahaman penerapan kepada anggota keluarga;

Jalur Evakusi menjadi modal yang mengarahkan kita bersama anggota keluarga agar bisa menuju pintu keluar untuk menyelamatkan diri dari kemungkinan terburuk yaitu terjadi keruntuhan.

Dengan adanya tulisan ini, harapan kita dapat bermanfaat serta dapat memeberikan informasi betapa pentingnya Jalur Evakusi dalam kehidupan kita dalam hal kesiapsiagaan menghadapi bencana. Dan juga kita sangat berharap dengan membaca artikel kesiapsiagaan ini dapat memberikan motivasi terutama untuk keluarga-keluarga agar mempersiapkan jalur evakuasi dirumah masing-masing sehingga menjadi bekal persiapan untuk menghadapi bencana.

Post a Comment for "Pentingnya Jalur Evakuasi Dalam Kesiapsiagaan Keluarga"