Widget HTML #1

Orang Pingsan di Sekitar Anda? Begini Teknik Pertolongannya.

sahabatberbagi91.com|Orang Pingsan di Sekitar Anda? Begini Teknik Pertolongannya - Apa kamu pernah melihat orang yang pingsan? Atau pernah menolong ataupun pernah mengalaminya. Pingsan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, contoh yang sering kita lihat adalah saat upacara bendera disekolah dan saat masa orientasi mahasiswa. Maka dengan itu perlu kita ketahui langkah dan cara penganganan pertolongan pertama pada orang pingsan secara cepat dan tepat dengan mengenali kedaruratannya, sehingga tidak terjadi salah penanganan yang dapat beresiko membahayakan bagi korban pingsan.

Pingsan adalah salah satu dari sekian banyak kasus medis  yang disebabkan oleh berbagai faktor yang bervariasi mulai faktor yang ringan hingga yang berat. Pingsan mempunyai pengertian yaitu gagalnya darah yang kaya dengan oksigen mengalir ke otak, oksigen merupakan kebutuhan utama otak sehingga kerja otak dapat berfungsi dengan baik. 

Pertolongan Pertama Korban Pingsan

Pingsan dapat digolongkan menjadi dua yaitu pertama, pingsan dengan tidak ditemukan nadi dan nafas, ini dapat digolongkan kasus yang berat karena akan berbicara tentang Henti Jantung dan tentang tata cara dan mekanisme pemberian Bantuan Hidup Dasar. Untuk kasus ini akan kita bahas dalam artikel kita selanjutnya, insya allah.

Kedua yaitu pingsan dengan nadi dan nafas dapat ditemukan, ini dapat digolongkan kasus yang ringan dan sering kita temukan. Untuk kasus ini tidak membutuhkan pemberian Bantuan Hidup Dasar kepada korban. Dan untuk kasus ini sendiri akan kita bahas dalam artikel kita ini.

Sebelum kita bahas tata cara memberikan pertolongan pertama pada korban pingsan, terlebih dahulu kita harus mengetahui penyebab terjadinya pingsan. Pingsan dapat dipicu oleh beberapa penyebab, yaitu karena kelelahan, stress, terlalu lama berdiri, berdesak-desakan, kekurangan makanan, emosi yang hebat, reaksi terhadap rasa nyeri dan berada dalam ruangan yang penuh orang tanpa udara segar yang cukup.

Gejala dan tanda :

1. Lemas dan keluar keringat dingin.

2. Pandangan berkunang-kunang.

3. Telinga berdenging.

4. Menguap.

5. Persaan limbung.

6. Denyut nadi lambat.

7. Dapat menjadi tidak respon.

Penatalaksanaan Pertolongan Pertama Pada Korban Pingsan

BARINGKAN PENDERITA DENGAN TUNGKAI DITINGGIKAN.
Untuk memudahkan pertolongan pertama korban pingsan harus dibaringkan dengan posisi yang baik, jangan beri alas atau bantal dikepala serta tinggikan atau beri alas di tungkai korban.

LONGGARKAN PAKAIAN.
Korban pingsan memiliki kondisi pernafasan tidak normal dan pasti merasa sesak, usahakan pakaian korban pingsan dilonggarkan, agar korban dapat lebih mudah dan nyaman dalam bernafas.

Penting!
  • Korban pingsan dengan nadi dan nafas ada, dilarang untuk memberikan Pijat Jantung Luar dan memberikan nafas buatan.
  • Longgarkan pakaian korban, bukan buka pakaian korban. Pakaian cukup dibuka satu atau dua kancingnya saja. Dan kalau terdapat tali pinggang supaya dapat dilonggarkan juga supaya tidak terlalu kencang.


USAHAKAN KORBAN MENGHIRUP UDARA SEGAR.
Jangan kerumuni korban pingsan, karena korban membutuhkan udara segar yang cukup.

PERIKSA CIDERA LAINNYA.
Periksa cidera lainnya pada korban, karena korban bisa saja mengalami cidera sebagai akibat dari gejala gangguan fungsi. Serta berikan perawatan cidera lainnya bila ada.

BERI SELIMUT.
Pemberian selimut kepada korban pingsan berguna untuk menjaga kehangatan badan korban.

BILA PULIH, USAHAKAN ISTIRAHAT BEBERAPA MENIT.
Bila korban sadar jangan langsung berdiri dan melanjutkan aktivitas atau kegiatan, tapi usahakan korban beristirahat sejenak.

BILA TIDAK CEPAT PULIH, MAKA PERIKSA NAFAS DAN NADI.
Bila korban tidak sadar periksa nadi dan nafas korban secara teratur, apakah normal atau tidak.

POSISIKAN STABIL.
Posisi korban pingsan harus diperhatikan dengan baik, jangan sampai posisi korban menutup atau menghambat jalan nafas.

RUJUK KE FASILITAS KESEHATAN.
Segera rujuk korban ke fasilitas kesehatan bila korban tidak sadar, guna untuk mendapatkan penanganan  lebih lanjut dari tenaga medis atau dokter.

Penatalaksanaan pemberian pertolongan pertama pada korban pingsan yang baik dan benar sesuai kaidah-kaidah pemberian pertolongan adalah suatu aspek yang harus sama-sama kita ketahui, guna untuk memberikan pertolongan secara cepat dan tepat, sehingga tidak terjadi salah penanganan serta mencegah kecacatan pada korban.

Dengan adanya tulisan ini, harapannya dapat menjadi bekal pengetahuan terutama bagi penulis sendiri dan bagi masyarakat umumnya untuk dapat memberikan pertolongan kepada korban pingsan jika terjadi sewaktu-waktu sebelum ditangani oleh tenaga medis.

Post a Comment for "Orang Pingsan di Sekitar Anda? Begini Teknik Pertolongannya."